Welcome

Blog ini akan menyajikan berbagai informasi yang unik dan menarik. Tidak ketinggalan beberapa aplikasi yang dijamin akan berguna bagi PC kalian. Jangan lupa tinggalkan komentar dan follow blog ini. :D

Translate

Banner OPPO N1

Aku & OPPO N1

Saturday, June 1, 2013

Home » » Cara Mengatasi CPU Usage 100% Saat Memutar Video

Cara Mengatasi CPU Usage 100% Saat Memutar Video


TechnoX - Halo sobat TechnoX, hari ini Admin mau membagi pengalaman Admin yang berhubungan dengan CPU Usage yang 100% disebabkan oleh file Video. Pernah mengalami hal yang serupa seperti Admin? Ternyata hal ini tidak ada hubungannya dengan virus komputer. Lebih lanjut ke TKP.....

Biasanya kita akan menemui CPU Usage 100% saat ada aplikasi yang crash/not responding atau karena ada aplikasi berat yang tidak mampu di jalankan oleh komputer dengan baik, tapi masalah disini adalah ketika file video seperti [file].flv dibuka malah menyebabkan CPU Usage menjadi 100%, respon komputer melambat, dan explorer.exe di task manager menjadi 90-100%. Misalnya sudah kejadian seperti ini, explorer.exe harus dimatikan dan kemudian membuka explorer.exe yang baru. Parahnya lagi, setelah kejadian ini ketika membuka folder [file].flv malah CPU Usage langsung menjadi 100% dan kembali harus mematikan explorer.exe. Hal ini cukup menjengkelkan Admin, sebab Admin hobi mendownload video dari Youtube. Setelah googling sana sini, akhirnya Admin menemukan solusi jitu mengatasi masalah ini. Ada 2 solusi yang Admin temukan, silakan dicoba satu per satu.

1. Mengedit K-Lite Codec Pack (Sumber)

Punya K-Lite Codec Pack? Kalo kamu punya, langsung buka Program Files > K-Lite Codec Pack > Tools kemudian double click Codectweaktool.exe. Centang pada "Thumbnail setting for Windows Explorer" lalu pilih next, pada bagian selanjutnya hilangkan semua tanda centang, kemudian klik ok. Kemudian coba buka file video, dicek berhasil atau tidak?

2. Disable shmedia.dll di Regedit (Sumber)

Masalahnya terletak pada shmedia.dll. shmedia.dll harus didisable terlebih dahulu.

Langkahnya :

A. Masuk ke jendela regedit dengan mengetikkan regedit pada menu run kemudian tekan enter.
B. Masuk pada HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{c5a40261-cd64-4…
C. Klik kanan pada InProcServer32 kemudian pilih Export dan save (hal ini digunakan untuk membackup file InProcServer32 dan bisa digunakan untuk mengembalikan kekondisi sebelum dirubah)
D. Hapus key InProcServer32 ( hal ini dimaksudkan untuk mencegah windows explorer dalam menjalankan shmedia.dll )
E. Tutup jendela registry editor kemudian restart komputer.

Semoga artikel ini bermanfaat. Salam Admin TechnoX.

No comments :

Post a Comment