Translate It!

Tuesday, March 10, 2020

Mengatasi "The program can’t start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing from your computer" 100% Tuntas

techno-x-zone - halo sobat technox, cukup lama admin tidak membuat updatean atau postingan. Terakhir kali tahun 2017. Blog ini seperti "hidup tak mau, mati segan". Tetapi yang terpenting, tulisan di blog ini dapat bermanfaat bagi semua orang. Hari ini admin mau bahas tentang cara penanganan masalah seperti gambar di atas. Anyway, lanjut ke TKP......

The program can’t start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing from your computer. Argh, pusing tujuh keliling kalau berkaitan dengan file dll. Dynamic-Link Library (DLL) merupakan bagian/komponen dari windows biasanya berisi kode atau data untuk digunakan program/software windows. Nah, biasanya problem ini muncul ketika kita menjalankan software, terutama software keluaran terbaru. Ada beberapa tulisan yang menyebutkan, untuk menangani masalah ini cukup mencari file dll yang hilang dan memasang ke dalam windows system 32. Memang ada benarnya, tetapi persoalannya sekarang apakah kita yakin file tersebut original dan bebas virus? Cara termudah sebenarnya adalah dengan menginstal ulang Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015 karena api-ms-win-crt-runtime-ll-1-0.dll merupakan bagian dari VCRedist2015. Begitu sukses di install, maka problem ini akan tuntas.

Eits, tapi tunggu dulu. Sebelum sukses terinstall, ternyata masih ada satu masalah yang terselip yakni VC Redistnya gagal terinstall. Lohhhh?? 

   
Tadaaa... ini dia problem selanjutnya yang harus dipecahkan. Hahaha dua problem sekaligus. Anyway, untuk problem ini sebenarnya letak masalahnya tidak jelas. Kenapa seperti itu? Seperti pada nama errornya, yakni unspecified error. Tetapi yang jelas, masalah ini banyak terjadi pada pengguna Windows 7. Yup, Windows kesayangan banyak orang. Solusinya ternyata sangat sederhana yakni upgrade Windows 7 menjadi Windows 7 SP1. Periksa dulu apakah komputer/pc yang digunakan sudah SP1 atau belum, dengan cara klik start-klik kanan pada computer dan pilih properties.

Untuk cara instalnya, tinggal download sesuai versi windows (x86 atau x64) dan diinstal seperti biasa. Jangan lupa sediakan cadangan untuk file-file penting seumpama ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Admin secara pribadi melakukan update manual dari Windows Update hingga akhirnya update SP1 ini muncul dan kemudian baru melakukan proses instalasi secara offline (pakai file yang didownload). Setelah SP1 ini terinstal, maka masalah VC Redist 2015 akan teratasi. Selamat Mencoba. 

Download Link :
32-bit (x86): VC Redist 32-bit (x86) - 13MB
64-bit (x64): VC Redist 64-bit (x64) - 13MB

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment