Translate It!

Saturday, November 2, 2013

Review Berbagai Smartphone

Techno-x-zone - Zaman saat ini, Smartphone sudah menjadi kebutuhan umum bagi siapa saja. Berbagai perusahaan telekomunikasi berlomba-lomba membuat Gadget andalan mereka masing-masing. 4 Perusahaan besar yang saat ini bersaing dengan ketat adalah Nokia, Samsung, Apple, dan RIM. Keempat perusahaan tersebut terus bersaing demi mendapatkan perhatian dari para konsumen dunia. Mungkin ketika Anda akan membeli sebuah Smartphone, mereka pasti akan bingung. Mereka dibingungkan dengan adanya 4 pilihan Smartphone. Nokia dengan seri Lumianya, Samsung dengan seri Galaxynya, Apple dengan seri iPhonenya, serta RIM dengan Blackberrynya. Pada postingan kali ini, Admin akan membahas tentang 4 Smartphone ini, ditambah dengan pesaing lainnya dalam dunia Smartphone. Check it Out......

1. Nokia (Lumia Series)
Siapa tidak mengenal Nokia? Nokia adalah produsen Handphone yang sudah terkenal dari dulu yang bermarkas di Finlandia. Nokia sudah lama menguasai pasar Handphone, akan tetapi dengan kehadirannya kompetitor dari Samsung, Blackberry dan Apple yang memperkenalkan seri Smartphone mereka masing-masing, Nokia mulai mengalami kemunduran. Nokia sangat lambat dalam merespon Smartphone dari kompetitornya. Ini dibuktikan dengan hadirnya Smartphone Lumia baru pada 2011, sementara kompetitornya sudah mulai dari tahun 2008. Nokia sebenarnya sebelumnya sudah mempunyai Smartphone yakni SymbianOS. Akan tetapi, SymbianOS dinilai terlalu mahal dan kurang diminati oleh Developer. 
Nokia Lumia pertama kali di perkenalkan ke publik pada tahun 2011. Nokia mengusung OS Windows Phone besutan Microsoft. Dengan demikian, Nokia menjalin kerjasama panjang dengan Microsoft. Nokia Lumia ditujukan untuk menyaingi Samsung "Android", Apple "iOS", dan RIM "Blackberry". Awal sepak terjang Lumia kurang mengesankan. Lumia tidak terlalu diminati oleh Publik. Tetapi saat ini, Nokia telah bangkit dari keterpurukannya. Nokia Lumia kini telah diterima dengan baik oleh publik dunia. Nokia saat ini berada dibawah Samsung dan diatas Apple.

Kelebihan Nokia Lumia :
  • Harga cukup terjangkau. Smartphone Lumia sudah bisa didapatkan dengan banderol 1 jutaan.
  • Memiliki Microsoft Office didalamnya (Berkat OS Windows Phone).
  • Kamera Nokia Lumia sangat baik, dibuktikan dengan salah satu seri Lumia dengan kamera 41 MP.
  • Brand Nokia terkenal dengan Handphone yang tahan lama dan baterai yang hemat.
 Kekurangan Nokia Lumia :
  • Masih sedikit aplikasi, disebabkan oleh minat Developer yang belum terlalu tinggi terhadap Windows Phone.
2. Samsung (Samsung Galaxy Series)
Samsung adalah saingan terdekat dari Nokia dan Apple. Samsung sudah dari lama berkarya dalam dunia Handphone. Produsen Handphone asal Korea ini membuat gempar dunia dengan kehadiran Samsung seri Galaxynya. Samsung Galaxy mencuri perhatian dunia berkat peformanya yang mengagumkan. Samsung bekerja sama dengan Google untuk mengusung OS Google Android. OS Google Android dimulai dari 1.1 Cupcake hingga versi terbaru Android yakni Android 4.4 Kit Kat. Android 4.4 Kit Kat telah resmi di rilis bersamaan dengan Google Nexus 5. Samsung mulai merajai pasar Smartphone medio 2008. Hingga kini, kurang lebih 120 juta unit atau lebih Samsung beredar dan digunakan oleh masyarakat dunia. 

Kelebihan Samsung Galaxy :
  • Harga yang relatif terjangkau, Samsung Galaxy sudah bisa dimiliki dengan banderol 900rb-an.
  • Memiliki koleksi aplikasi terbanyak saat ini di Google Play Store.
  • Banyak jenisnya, lebih banyak dari seri Smartphone yang lain jadi banyak opsi pilihan Smartphone.
  • Minat Developer terhadap Android sangat tinggi, sehingga banyak aplikasi yang akan bertambah.
Kelemahan Samsung Galaxy :
  • Tampilan Samsung Galaxy relatif monoton disetiap serinya.
3. Apple (iPhone Series)
Apple adalah produsen Handphone dari Amerika Serikat. Didirikan oleh Steve Jobs pada tahun 1976, Apple sempat menguasai pasar Smartphone berkat Iphone Seriesnya. Apple awalnya bergerak dalam bidang komputer dan gadget lain seperti ipod, namun tahun 2007 Apple memasuki bisnis Smartphone dengan mengeluarkan Smartphone andalannya iPhone. iPhone mengusung OS "iOS", yang cukup menyaingi OS Google Android. Apple saat ini menempati posisi 3 terbanyak penggunannya didunia, dibawah Samsung dan Nokia.

Kelebihan iPhone :
  • Slim and Thin, ukuran iPhone sangat tipis dan ringan.
  • Ada gengsi, "Premium Smartphone".
  • Koleksi aplikasi cukup banyak, hampir sama dengan Android.
  • Memiliki kualitas yang tinggi.
Kekurangan iPhone :
  • Harga yang relatif mahal, sehingga kurang banyak dipakai oleh masyarakat.
4. RIM (Blackberry Series)
RIM adalah produsen Handphone yang bermarkas di Kanada. RIM sempat mencuri perhatian dunia berkat aplikasi "BBM" (Blackberry Messenger) terutama bagi kalangan masyarakat di Indonesia. RIM didirikan oleh Mike Lazaridis pada tahun 1984. RIM mulai mengalami kejatuhan dengan gagalnya Blackberry PlayBook, BB Z10, Q10 dan Q5 di pasar Smartphone. BB Z10 bahkan sempat dijual seharga 1 juta rupiah di Amerika Serikat. Meskipun demikian, masih banyak pengguna BB di Indonesia.

Kelebihan Blackberry :
  • Memiliki BBM Built-in didalamnya.
  • Kamera lumayan bagus walaupun pixelnya rendah.
  • Harga relatif terjangkau.
Kekurangan Blackberry :
  • Aplikasi yang tidak terlalu banyak, terutama Game.
  • Sering Hang disebabkan oleh BBM.
5. Saingin lain

Sony dengan seri Xperia 
Sony mengeluarkan seri Sony Xperia terutama dengan Xperia Z1nya yang memiliki layar sangat lebar serta kamera dengan kekuatan 20.7 MP dan tahan air.

OPPO dengan OPPO Seri Find dan N1
OPPO adalah produsen Handphone asal China. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang OPPO, namun dengan gencarnya promosi di media massa, kini OPPO sudah dikenal oleh publik. OPPO mengandalkan seri Findnya serta N1 dalam menyaingi pasar Smartphone saat ini. OPPO Find 5, Piano, Muse, dan Mirror adalah Smartphone andalan OPPO. Selain itu ada juga OPPO N1 yang baru saja di rilis. Review lengkap tentang OPPO N1 bisa Anda lihat di sini.

Demikian Review saya tentang berbagai Smartphone yang ada. Mohon maaf apabila ada kekurangan. Yang mau menambahkan silakan di kolom komentar :).

Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment